Home Visi Misi

Visi Misi

by admin

 

I. VISI SEKOLAH

 

 

Terwujudnya Lulusan yang Produktif Bersikap Religius, Berwawasan Lingkungan, dan Berkebhinekaan Global

 

 

II. PENJABARAN VISI

  • Produktif :  
  1. Lulusan SMK Negeri 3 Purwokerto tidak menganggur tetapi  BMW  yaitu Bekerja, Melanjutkan,Wirausaha dengan dibekali berbagi hal seperti mandiri, budaya kerja industri, pembelajaran berbasis kewirausahaan, kompetensi kerja sesuai keahlian, mampu berikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, kolaboratif
  2. Mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.
  3. Bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil Keputusan
  4. Kreatif yaitu mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

  • Bersikap Religius:
  1. Memiliki sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain
  2. Memiliki tingkah laku yang terpuji dalam kehidupan bermasyarakat misalnya menolong orang lain, membela orang lemah
  3. Melakukan proses internalisasi nilai-nilai agama di sekolah sebagai sebuah pembiasaan dalam masyarakat sekolah
  • Berwawasan Lingkungan
  1. Memiliki ruang hijau
  2. Memiliki sumber sumber resapan
  3. Pemanfaatan sumber daya alam dengan tidak merusak lingkungan
  4. Pembangunan direncakan dengan matang dengan mengetahui dan memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki dan yang mungkin timbul dikemudian hari
  5. Memperhatikan daya dukung lingkungan
  6. Melibatkan partisipasi semua warga sekolah
  • Berkebhinekaan Global
  1. Memiliki makna
  2. mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain
  3. sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.
  4. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

 

III. MISI SEKOLAH

 

 

  1. Membekali siswa dengan sikap dan perilaku religius dalam semua sendi kehidupan
  2. Membekali siswa dengan akhlak yang luhur
  3. Memupuk jiwa nasionalisme dan patriotisme
  4. Menerapkan budaya kerja industri dalam proses pembelajaran
  5. Mengembangkan kemampuan siswa berpikir kritis kreatif dan inovatif, komunikatif dan kolaboratif
  6. Menguatkan kemampuan siswa dalam literasi digital
  7. Membekali kompetensi kerja sesuai tuntutan dunia kerja abad ke-21( revolusi industri 4.0)
  8. Mengembangkan pembelajaran berbasis kewirausahaan

 

IV. BUDAYA SEKOLAH

 

 

Untuk mencapai visi dan misi sekolah serta memberikan pelayanan yang
baik kepada stakeholders dan menghasilkan tamatan yang berkualitas,
memiliki budi pekerti, berakhlak mulia serta dapat menyesuaikan diri di
masyarakat maka sekolah menerapkan nilai-nilai yang menjadi budaya
sekolah yaitu:

 

 

Taqwa
Menjadi landasan berpikir dan bertindak dalam belajar dan bekerja dari segenap warga sekolah

 

 

Cerdas
Menanamkan cara belajar dan bekerja seefektif dan seefesien mungkin agar
menghasilkan prestasi yang maksimal sesuai dengan harapan.

 

 

Sopan
Menerapkan sopan santun dalam berpakaian, tata krama, cara berbicara dan cara bergaul dalam kehidupan sehari-hari

 

 

Disiplin
Berkomitmen terhadap perilaku tertib dan patuh pada ketentuan dan
peraturan yang berlaku serta menerapkan disiplin waktu dalam beribadah,
belajar dan bekerja

 

 

Jujur
Menjunjung nilai-nilai kejujuran dalam berperilaku agar selalu di percaya dalam perkataan, tindakan dan perbuatan.

 

 

Kreatif
Selalu mengembangkan gagasan, ide-ide dalam belajar maupun bekerja untuk menghasilkan inovasi/karya kreatif.

 

 

Tanggung Jawab
Melaksanakan setiap tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

 

 

Percaya diri
Menanamkan kemampuan dan kekuatan sendiri dalam melaksanakan tugas belajar dan bekerja

 

 

Bersih
Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, asri, indah dan nyaman.

 

 

Kerjasama
Melaksanakan kegiatan / aktifitas bersama-sama yang dijiwai oleh semangat kekeluargaan dan profesionalisme.

 

 

V. TUJUAN SEKOLAH 

 

 

Tujuan sekolah empat tahun mendatang

 

 

  1. TUJUAN SEKOLAH

    1. Menjadikan siswa taat terhadap ajaran agama yang dianutnya
    2. Menjadikan siswa yang berkarakter
    3. Menjadikan siswa yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia
    4. Menjadikan siswa memiliki mental yang tangguh dalam menghadapi setiap perubahan
    5. Menjadikan siswa berperilaku patuh terhadap aturan
    6. Menumbuhkan etos kerja siswa
    7. Menjadikan siswa yang memiliki kompetensi padu padan dengan IDUKA
    8. Menjadikan siswa yang memiliki kecakapan dan kearifan dalam bersikap dan bertindak
    9. Menjadikan siswa yang cakap, kritis dan bertanggungjawab dalam menggunakan media literasi digital
    10. Menjadikan siswa memiliki pola pikir mendayagunakan wilayah dengan tidak merusak lingkungan hidup
    11. Menjadikan siswa yang profesional sesuai dengan bidang keahliannya
    12. Menjadikan siswa yang terampil dalam pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) penyelesaian masalah (Problem Soving) dan pembelajaran berbasis proyek (Project based learning)
    13. Menjadikan siswa memiliki kompetensi berwirausaha
    14. Menjadikan siswa terampil dalam menciptakan produk berstandar industri sesuai kompetensinya
    15. Menjadikan siswa memiliki kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa resmi dunia
    16. Menjadikan siswa belajar untuk mendapatkan kemampuan (learn how to learn).

 

Kebijakan mutu ini merupakan arahan untuk setiap sasaran mutu dalam rangka perbaikan SMK secara terus menerus.

 

 

“Ingat Sekolah? Ingat… SMK Negeri 3 Purwokerto”